Macam Macam Buah Dan Sayur Yang Baik Bagi Tubuh

Selamat malam Om, Tante, Mas, Neng. haha . kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan bahwa ada beberapa macam-macam buah dan sayuran yang baik untuk kesehatan. 
Buah dan sayur bukan hanya lezat tetapi juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang akan menjadi kebutuhan badan kita. Buah dan sayur merupakan makanan penyeimbang kebutuhan kita sehari-hari. Dalam buah dan sayuran terdapat senyawa antioksida, antioksida memberikan perlindungan tubuh terhadap penyakit yang mengancam, seperti penyakit kanker, jantung, stroke dll. langsung saja di simak beberapa macam buah dan sayuran yang sehat.

Sayuran :
  1. Wortel
    Wortel merupakan sumber sayuran yang sangat kaya akan senyawa antioksidan dan juga pro-vitaminnya yaitu A karoten. Karoten ini dan senyawa antioksidan lainnya mempromosikan untuk penglihatan yang baik dan membantu melindungi dari penyakit kanker tertentu serta penyakit jantung.
  2. Bayam
    Bayam merupakan sumber protein vitamin A, vitamin K, folat, magnesium, mangan, besi, kalsium, vitamin B dan vitamin E. semua nutrisi di dalam bayam dapat membantu melindungi tubuh tehadap penyakit jantung dan juga osteoporosis. Tetapi bayam juga menjadi pantangan bagi penderita asam urat, kenapa ? kerena bayam memiliki banyak kandungan purin. Menurut tabel makanan AcuMedico, bayam memiliki 57 g purin untuk setiap 100 gram bayam, masih boleh di makan tetapi tidak boleh berlebihan.
  3. Tomat
    merupakan sumber likopen, suatu antioksidan kuat yang menawarkan perlindungan terhadap kanker prostat stadium lanjut dan mungkin juga membantu mengurangi kadar koresterol kadar koresterol yang tinggi.
  4. Zaitun
    Siapa sih yang nggak tau Zaitun, zaitun merupakan sumber yang sangat baik dari asam lemak, tak jenuh tunggal vitamin E. Asam lemak tak jenuh tunggal membantu melindungi terhadap berbagai penyakit jantung dan vitamin E membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif radikal bebas dalam tubuh.
  5. Kubis
    Organosulfur fitonutrien di dalam kubis memiliki peran penting dalam mencegah penyakit kanker terutama kanker ovarium dan karotenoid membantu menurunkan resiko katarak.
  6. Terong
    Terong memiliki banyak akan nasunin yang dianggap sebagai makanan otak.
  7. Kacang Polong
    Kacang hijau yang serat dengan memiliki 8 vitamin dan 7 mineral di tambah dengan serat dan proteinnya. Vitamin K juga hadir di sayuran ini dengan folat dan vitamin B6, dari kacang hijau membantu menjaga kesehatan tulang.
  8. Seledri
    Seledri merupakan sumber yang sangat kaya akan vitamin C dan banyak senyawa aktif lainnya, seperti phthalides dan kumarin yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan bisa mencegah kanker.
  9. Brokoli
    Indoles dan sulforaphane, dua fitonutrien yang terkandung dalam brokoli memiliki efek yang signifikan terhadap anti kanker.

Buah-Buahan :
  1. Bit
    Betain yang terkandung di dalam bit juga membantu mengurangi peradangan dan nyeri. Bit juga kaya akan folat yang merupakan vitamin B kompleks penting yang membantu mencegah cacar lahir pada janin yang sedang berkembang.
  2. Salak
    Untuk kesehatan mata. Kandungan betakaroten yang cukup tinggi dalam buah salak dapat menjaga kesehatan mata, selain itu salak juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit diare.
  3. Naga Merah
    Buah Naga Merah, mempunyai kandungan senyawa vitamin B3, vitamin ini bermanfaat untuk anda yang mempunyai kadar kolesterol yang tinggi. dan naga memiliki kandungan senyawa betakaroten yang sangat melimpah, kandungan betakaroten yang terdapat pada buah naga, tidak kalah banyaknya dengan kandungan betakaroten di dalam wortel.
  4. Pepaya
    Kulit pepaya mengandung asam usus yang menjaga kesehatan kulit. Papain, enzim yang terkandung di dalam pepaya, juga akan membantu melancarkan pencernaan.
  5. Jeruk
    Selain terkenal dengan vitamin C-nya, jeruk juga memiliki sumber folat yang baik. Folat merupakan gizi yang penting terutama bagi wanita hamil karena dapat membantu mencegah cacat lahir pada janin yang sedang berkembang di dalam perut.
  6. Mangga
    Mangga kaya akan zeaxanthin dan lutein, keduanya merupakan antioksidan yang membantu melindungi penglihatan dan merupakan resiko berkembangnya degradasi makula karena faktor usia.
  7. Anggur
    Resveratol, antioksidan yang ditemukan di dalam anggur dapat membantu untuk menurunkan resiko terjadinnya pembekuan darah dan juga mengurangi tekanan darah tinggi. Antioksidan ini juga berperan penting dalam mencegah penyakit jantung.
  8. Jeruk Bali
    Flavonoid dan likopen dari jeruk bali menawarkan terhadap jenis kanker tertentu. Jeruk bali juga membantu untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.
  9. Apel
    Flavonoid, jenis antioksidan yang hadir di dalam apel, dapat membantu menurunkan kemungkinan terkena asam dan diabetes. Serat-serat apel juga membersihkan gigi dan langit-langit dari bakteri dan sisa-sisa makanan.
  10. Alpukat
    Asam lemak tak jenuh dari alpukat membantu menurunkan kolesterol. karena itu disarankan untuk menggantikan lemak jenuh dan lemak trans lainnya yang tidak sehat bagi tubuh.
  11. Pisang
    Pisang merupakan sumber yang akan kaya kalium yang dapat membantu mempertahankan tekanan darah.
  12. Blewah
    Blewah banyak akan antioksidan - beta karoten, yang membantu menurunkan resiko berkembangnya katarak.
  13. Ceri
    Antosiani yang terkandung di dalamnya, rasa asamnya dari buah ceri dapat membantu mengurangi radang dan meredakan encok serta dapat membantu nyeri arthritis lainnya.
  14. BlackBerry
    terdapat antosianin yang dianggap sebagai antioksidan yang kuat dan dapat mengurangi resiko kanker tertentu.
  15. BlueBerry
    Blueberry serat dengan antioksidan yang membantu menurunkan resiko berkembangnya penyakit Alzheimer dan parkison.
  16. Durian
    Durian bisa menjadi buah yang bagus untuk pencernaan, seingga buah ini bisa mengatasi sembelit yang dirasakan oleh si penderita. Durian juga bisa mengatasi penyakit anemia. kandungan asam folat dan vitamin B9 dalam durian menjadikan buah berdaging bau enak ini bagus untuk menjadi prosedur sel darah merah, sehingga kekurangan darah bisa diatasi.
  17. Kelapa Ijo
    Kelapa Ijo dapat menghancurkan batu empedu. Kalau dalam kantong empedu terdapat batu empedu, maka sangat berbahaya bagi tubuh, maka dalam dunia kesehatan masalah ini bisa di hilangkan.
  18. Sirsak
    Buah sirsak.  Buah ini dapat mengusir koresterol jahat. sirsak tak hanya memiliki vitamin C tetapi juga mengandung serat yang sangat baik bagi tubuh. Sirsak bukan hanya dapat mengusir koresterol jahat, tetapi juga bisa menjaga imunitasi tubuh. Didalam 300 gram buah sirsak, ternyata mengandung 60 miligram vitamin c, vitamin C yang tinggi yang terdapat pada sirsak bisa mencegah penuaan dini. Buah sirsak juga baik untuk tulang, mencegah kanker, menghilangkan bisul, menjaga kelembaban kulit.

Sudah segitu aja. sekian dari saya semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda yang kesasar di blog ini.
Salah Dunia Panci.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Macam Macam Buah Dan Sayur Yang Baik Bagi Tubuh"

 
Copyright © 2015 Cek Resepku - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top